Cara Mengatasi Mermoy Card Tidak Terbaca Mudah dan Simpel





Kali ini akan bahas Cara Mengatasi Memory Card ( SD Card ) Tidak Terbaca. Mungkin kamu pernah mengalami masalah memori tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca pastinya akan menyulitkan kita memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut. Kita bahas dulu apa SD card nya  itu sendiri.

"Apa Itu SD Card ?" 

Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar.


Kartu SD standar memiliki ukuran 32 mm x 24 mm x 2,1 mm, tetapi ada beberapa kartu SD yg setipis MMC (1.4 mm). Dalam perkembangannya, kartu SD diproduksi juga dalam dua variasi ukuran yg lebih kecil, kedua varian tersebut dikenal dengan nama MiniSDdan MicroSD atau TransFlash (T-Flash). Secara umum, kartu SD dibedakan dari kecepatan transfer data yang tersedia, yaitu kecepatan biasa (150 KB/s) dan kecepatan tinggi. Beberapa kamera digital memerlukan kartu yg berkecepatan-tinggi untuk merekam video secara lancar atau menangkap gambar berturut-turut.


Alat yang dilengkapi dengan slot SD dapat menggunakan kartu MMC yang lebih tipis, tetapi kartu SD standar tidak dapat digunakan ke slot kartu MMC yang lebih tipis. Kartu SD dapat digunakan dalam slot CompactFlash atau kartu PC dengan sebuah adapter. ( wikipedia )

Nah Kali ini saya memiliki Tips Trik Cara mengtasi SD card agar bisa terbaca lagi.

Cara pertama ini adalah sangat mudah dan simpel. Pertama keluarkan dahulu memori card itu sendiri. Dengan cara mematikan dahulu handphone anda. Setelah itu  bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih. Jika menurut anda itu sudah bersih masukan lagi Memory card anda ke handphone nya.



1. Masuk ke Menu Pengaturan terus pilih Penyimpanan 
2. Pilih Format data atau Erase Data *Setiap smartphone tulisan nya berbeda beda*


1. Masukan Memori Card anda bisa lansung menggunakan kabel data atau pun card reader ke PC atau laptop.
2, Kalau lewat  kabel data pastikan Handphone anda terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).sedangkan lewat Card Reader sudah langsung dalam Mas storage.
3.Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, 
Pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai


4. Eject memori nya dan coba . Sudah terbaca belom .


Sekian pembahasan tentang Memmori Card yang tidak terbaca dan cara mengatasi nya , mudah dan simpel kan ?. Semoga arikel ini bermanfaat buuat anda.


TERIMA KASIH



Labels: ,