Cara Mengatasi Flashdisk atau Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Mudah dan Simpel




Kali ini saya akan membahas tentang Flashdisk atau Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya . Sering kali apabila anda pengguna Flashdisk atau Hardiks Eksternal anda pernah menemukan Flashdisk atau hardisk anda tidak terbaca, pasti anda akan merasa kesal dan membuang Flashdisk atau hardisk eksternal anda dan akan membeli yang baru. Stop kebiasaan anda ini. Ada  Cara Mengatasi Flashdiskt atau Hardisk Eksternal Tidak Terbaca dengan Mudah dan Simpel.

Sebelum itu kita bahas dahulu Penyebab Flashdisk atau Hardisk Eksternal Tidak Terbaca. Sebab, masalahnya pun berbeda-beda. Bisa dari Flashdisk atau Hardisk Eksternal anda sendiri, bisa juga masalahnya ada di komputer anda. Untuk mengetahuinya, coba masukkan Flashdisk atau Hardisk Eksternal anda ke komputer lain. Atau bisa juga anda masukkan Flashdisk atau Hardisk Eksternal lain yang ke komputer anda. Hasilnya akan terlihat. Kalau Flashdisk atau Hardisk Eksternal anda terbaca di komputer lain, berarti ada masalah di komputer kamu. Sebaliknya, jika Flashdisk atau Hardisk Eksternal anda tidak terbaca juga di komputer lain, ada kemungkinan FlashDisk anda yang rusak. Saya akan kasih tahu beberapa penyebab umum Flashdisk atau Hardisk Eksternal tidak terbaca serta cara-cara tepat menanganinya

Pertolongan pertama adala dengan membersihkan USB port . Karena bisa saja anda sering menaruh Flashdisk atau hardisk eksternal atau komputer dan Laptop anda di tempat kotor. Coba cek dan bersihkan. Siapa tahu ada kotoran atau debu yang tertinggal sehingga Flashdisk atau hardisk eksternal anda kemasukan debu dan coba bersihkan dahulu.
Apabila tahap pertama telah di lakukan tapi tetap saja tidak bisa tersambung. Kita lakukan tahap kedua yaitu mengecek Driver USB nya melalui Device Manager. 

1. Anda bisa Klik kanan pada My Computer >> Pilih Manage >> Terus pilih Device Manager atau anda Bisa seaarch Device manager.


2.Klik bagian "Universal Serial Bus Controller". Lalu Klik ikon "Scan for hardware changes" di bagian atas


Setelah itu Flashdisk atau Hardisk Eksternal anda sudah terbaca. Kalau belum terbaca juga ikuti langkah di bawah

Ketika anda masih penasaran dengan Flashdisk atau Hardisk Eksternal, anda bisa cek apakah perangkat penyimpanan berupa flash memory di dalam Flashdiks atauu Hardisk Eksternal anda masih berfungsi atau tidak,.anda bisa menggunakan Disk Management di Windows dengan langkah-langkah sebagai berikut

1. Ikuti langkah seperti tahap ke dua , yaitu 
Klik kanan pada My Computer >> Pilih Manage >> Pilih Disk Management dan akan muncul tampilan seperti ini .


2. Coba klik kanan pilih  "Change Drive Letter and Paths"


3. Klik Ok



Seharusnya Flashdsik atau Hardisk Eksternal Anda Terbaca. Apabila tidak terbaca jjuga kemungkinan flash memory kamu yang rusak. Atau komponen lain dalam FlashDisk mengalami gangguan. Jadi FlashDisk-nya terkoneksi dengan komputer, namun perangkat penyimpanan datanya rusak. Kalau sudah begini sih, mungkin kamu memang harus beli Flashdisk atau Hardisk Eksternal baru.

Sekian pembahsan Mengenai  Flashdisk atau Hardisk Eksternal yang tidak terbaca oleh komputer atau Laptop dan Cara Mengatasi nya. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.


TERIMA KASIH

Labels: ,