[ INFO ] Keuntungan & Kerugian Menambah RAM Pada Android



Kali ini saya akan membahan Manfaat dan Kerugian Menambah RAM pada Android. 

" Apakah RAM Android Bisa Di Tambah ? "

Pertama-tama perlu saya tekankan bahwa pada dasarnya menambah kapasitas RAM internal Android itu tidak bisa.

Menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada. Jadi jika RAM internal Android Anda misal hanya 512MB, tidak bisa Anda minta dinaikkan ke 1GB dan seterusnya.
Menambah RAM di Android prinsipnya membuat virtual memory melalui beberapa macam metode seperti Swap File, Swap Partition (Linux Swap), ataupun ZRAM.

Fungsi dari virtual memory yakni sebagai RAM bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal dari foreground dan background. Bahaya meningkatkan kapasitas RAM di Android, sebelumnya mari kita ulas mengenai overclocking Android. Overclocking Android (atau overclock saja) merupakan sebuah teknik meningkatkan kinerja prosesor inti ke beberapa tingkatan yang lebih tinggi (meskipun tidak sampai berlipat-lipat) misalkan dari 600MHz ditingkatkan sampai dengan 850MHz atau dari 1GHz naik ke angka 1,5GHz. Biasanya tiap-tiap jenis ponsel Android memiliki kapasitas yang berbeda-beda dan jenis prosesornya pun berbeda-beda pula. Tidak bisa dari 600MHz dinaikkan ke 2GHz. Selain tergantung dari jenis prosesor juga tergantung dari kernel Android tersebut.

Sudah umum kita mengasumsikan jika semakin tinggi clock sebuah prosesor Android maka semakin kencang pula kinerja prosesornya. Dengan dinaikkannya clock prosesor Android maka diharapkan performa Android tersebut juga akan naik perlahan tapi pasti.


Tapi yakinlah bahwa sebuah vendor smartphone tidak serta merta memberi suatu spesifikasi Android tanpa ada perhitungan dan pertimbangan. Dengan kita mengasumsikan semakin tinggi clock prosesor Android akan semakin cepat performa handheld, itu salah. Justru ketidak-seimbangan performa yang sebetulnya terjadi (karena biasanya setelah clock prosesor Android dinaikkan akan terjadi peningkatan performa kata sebagian orang). Saya pribadi merasakan setelah saya lakukan overclocking, handphone jadi lebih cepat panas dan kemampuan scrollingnya menurun.

Bahayanya? Jika dilihat dari dua metode yang saya sebut diatas, metode SWAP memanfaatkan kemampuan memori eksternal untuk dijadikan virtual memory (anggap saja RAM pendukung). Kelemahannya disinyalir bisa membuat umur SDCard anda berkurang. Metode kedua metode ZRAM, ZRAM memangkas sebagian besar kapasitas memori internal untuk dijadikan virtual memory. Hasilnya, jika anda lihat free memory anda, jika ukuran maksimalnya katakan 500MB maka bila dipangkas oleh ZRAM, free RAM nya tidak akan pernah bisa mencapai 500MB. Tapi itu bukan merupakan suatu masalah karena tidak ada efek negatif dari kedua metode diatas. Jadi selama ini hanya virtual memory yang bisa dikatakan benar-benar menambah RAM di Android.

Nah setelah itu keputusan terserah anda, Semoga artikel ini Bermanfaat buat anda. 


TERIMA KASIH

Labels: ,