Cara Baterai HP Android Jadi Awet Dan Tidak Boros

Cara Baterai HP Android Jadi Awet Dan Tidak Boros - Hi, friend Putra Pak Asep, in this article entitled Cara Baterai HP Android Jadi Awet Dan Tidak Boros, we have prepared this article well and concise to be easy to understand for you to read and can be taken inside information. hopefully the contents of the post Article Android, Article Tips & Trik, that we write this you can understand and useful. okay, happy reading.


Cara Kalibrasi Baterai ( Batre )HP Android Jadi Hemat. Kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana cara me manage agar baterai Android anda tidak cepat habis. Namun apabila kita telah menyadari bahwa kinerja ataupun daya tahan baterai telah menurun, maka saat itulah kita sudah sepatutnya melakukan kalibrasi baterai pada ponsel android yang kita miliki. Jadi cara kalibrasi baterai HP android jadi hemat memang harus dilakukan secara berhati-hati dengan tujuan agar performa gadget tetap berjalan normal. Selain itu jika proses kalibrasi yang dilakukan sudah tepat, tentu kita juga akan memperoleh hasil yang sesuai. Nah, sebelum tim sinyaltech memberi tahu tentang bagaimana cara kalibrasi baterai HP android jadi hemat. 

"Apa Itu Kalibrasi ?"

Kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Sedangkan Kalibrasi Baterai merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dan berguna untuk menunjukkan nilai ukur dari suatu alat dengan melakukan pengaturan ulang atau reset. Adapun pada OS Android juga mempunyai fitur kalibrasi bawaan yang bernama battery Stats yang mana berguna untuk me monitoring penggunaan kapasitas baterai pada sebuah ponsel dan biasanya dinotasikan dalam bentuk persentasi.
Meskipun dari system bawaan Android sudah ada kalibrasi baterai. Tapi untuk tambah memkasimalkan nya agar tambah hemat . Mari anda coba beberapa cara Kalibrasi Baterai Android anda. 

Tutorial Cara Kalibrasi Baterai Android Tidak Boros alias Hemat Dengan Mudah  Dan Simpel

1. Cara Kalibrasi Baterai Tanpa Root.

  • Kosongkan dahulu baterai di Handphone Android anda. Namunn menghabiskan nya dengan cara normal saja. Tidak di pake berleihan seperti main game. 
  • Setelah habis baterai Handphone Android anda. Charge dengan keadaan Mati sampai 100%. Adapun tujuannya agar cell baterai terisi secara penuh layaknya kita membeli ponsel baru dan melakukan pengisian baterai untuk pertama kalinya.
  • Apabila sudah full 100% nyalakan Handphone anda. Apabila indikator nya dari 100 masih cepat turun ke 99. Coba langkah di atas berulang ulang 
Akan tetapi jika kamu sudah mencoba cara di atas namun hasilnya tetap sama, coba untuk memeriksa kondisi fisik baterai ponsel android kamu. Siapa tahu keadaan atau kondisi fisiknya sudah mulai rusak sehingga terjadi kebocoran baterai android saat digunakan.

2. Cara Kalibrasi Baterai Root

  • Apabila Hanphone Android anda belum Root. Cara Root Android | disini
  • Download Aplikasi Battery Callibration di Playstore atau disini
  • Buka Aplikasi nya dan coba amati jumlah “mV” yang terdapat di sebelah indikator persentasi baterai akan terus meningkat selama pengisian dilakukan. Biarkan jumlah “mV” tersebut hingga penuh meskipun indikator baterai telah menunjukkan 100%.
  • Setelah jumlah “mV” dan indikator baterai telah mencapai 100% setelah dilakukan pengisian dalam waktu yang lama. Maka kita bisa langsung menekan tombol “Kalibrasi baterai” dan ponsel anda akan melakukan restart dengan sendirinya.
Jadi level saat kita menekan tombol “kalibrasi baterai” merupakan titik tertinggi atau maksimal yang akan digunakan sebagai patokan jumlah kapasitas daya yang ada. Sehingga informasi yang lama akan dihapus dan diganti dengan titik tertinggi kapasitas baterai yang baru saja kita buat.

3. Cara  Kalibrasi Baterai Dengan Recovery Mode

  • Masuk ke recovery mode pada ponsel android terlebih dahulu dan kemudian kita arahkan ke pilihan advance section. Di sana nanti anda akan menjumpai opsi hapus statisik baterai. Jadi dengan memilih hapus statistik baterai, maka amda akan menghapus kalibrasi yang ada sebelumnya baik saat di instal ROM maupun riwayat terdahulu. 
  • Setelah itu andaharus menghabiskan daya baterai ponsel sampai ponsel benar-benar tidak bisa menyala. Charger baterai terisi penuh dan indikator baterai menunjukkan 100%. Namun perlu di ingat, pengisian di sini harus dilakukan dalam keadaan ponsel mati. 
  • Saat baterai telah terisi penuh, lepaskan charger dan hidupkan ponsel android dengan menekan tombol power. Jika sudah, buka aplikasi “Battery Callibration” dan kita ijinkan akses dengan superuser, lalu tidak lama aplikasi tersebut akan menunjukkan informasi bahwa proses kalibrasi sudah berhasil. Di sini langsung saja kita tekan “OK” dan aplikasi bisa anda tutup.

Namun apabila baterai ponsel anda sudah tidak dalam keadaan yang baik, sepertinya proses kalibrasi tersebut juga tidak bisa berjalan maksimal sehingga sudah sepatutnya kamu menggantinya dengan baterai yang baru. 

Sekian pembahasan Cara Agar Baterai Lebih Hemat dengan Cara Menggunakan Kalibrasi Baterai  Di Handphone Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Jangan Lupa Like Fans Page Facebokk @TipsTrikHot


TERIMA KASIH




Thank You and Good article Cara Baterai HP Android Jadi Awet Dan Tidak Boros this time, hopefully can benefit for you all. see you in other article postings.

You are now reading the articleCara Baterai HP Android Jadi Awet Dan Tidak Boros with the link address https://putrapakasep.blogspot.com/2016/11/cara-baterai-hp-android-jadi-awet-dan.html
Previous
Next Post »