Cara Install Custom ROM / Firmware Di Semua Android


How to Install Custom ROM / Firmware On All Android. Kali ini saya akan membahas Cara Custom ROM / Firmware Di Semua Android ( Samsung, Oppo, Sony, LG, Lenovo etc ). Yang belum tahu itu ROM apa, mari kita bahas tenang ROM itu .
" Apa itu ROM ? "
"Apa Keuntungan nya Apabila Custom ROM ? "

ROM adalah singkatan dari ' Read Only Memory ' yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random. 
Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification).
Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.
Keuntungan Custom ROM anda dapat mencoba tampilan tampilan yang lebih menarik dari Android awal nya
Tidak sedikit dari kita masih bingung atau belum mengerti cara memasang custom rom di hp android, akibatnya tampilan pada smartphone anda biasa-biasa saja. Mengenai tutorial menginstal custom rom android sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan simpel , anda sendiri juga dapat menginstalnya sendiri sesudah membaca artikel ini.

Sebelum itu pastikan anda mengerti betul apa itu custom rom, di smartphone atau tablet android sendiri kita mengenal dua jensi ROM, yaitu Stock Rom dan Custom Rom. Secara rinci penjelasan mengenai Stock Rom adalah rom yang merupakan bawaan dari pabrik dalam artian merupakan rom yang dibuat asli oleh merek hp tersebut.

Sedangkat untuk Custom rom merupakan ROM Unofficial yang berarti buatan developer android dan bukan buatan vendor atau pabrik resmi. Secara umum pada ROM andorid biasanya juga disebut firmware atau secara mudah kita artiken Software Hp android. 

Perbedaan mengenai Stock ROM dan Custom ROM dapat anda ketahui setelah mencobanya, biasanya pada custom rom yang sudah diberi Label STABLE + Smooth terkadang masih ada sisa bug atau masalah, namun stock rom yang telah di uji coba dengan detail oleh pengembang pabrik biasanya jarang kita temui kesalahan.

Cara Instal Custom ROM Di Semua Perangkat Android

Tips Sebelum Anda Install Ciustom ROM Di Android Anda

Sebelum melakukan pemasangan custom rom, ada baiknya anda mengetahui tips penting yang harus diperhatikan sebleum melakukan custom rom android seperti berikut.


#1. Backup Data
Pastikan sebelum anda memasang custom rom untuk membackup data yang ada, karena ketika mungkin pada proses penginstalan gagal maka bisa dikembalikan ke menu awal lagi. Adapun cara backu seperti cukup mudah denga, melakukan cara seperti dibawha ini :


Dengan begitu data yang ada akan terlindungi karena memiliki salinan, ini merupakan tips utama yang wajib untuk anda terapkan di hp android anda ketika hendak menginstall custom rom.


#2. Pemilihan Custom ROM
Dalam memilih custom rom pastikan anda memilih custom rom yang bagus dan tidak rusak, anda dapat menggunakan custom rom yang terpercaya seperti CyanogenMod atau yang lainya. Yang terpenting anda pastikan bahwa custom rom tersebut benar benar aman dan tidak mudah error nantinya.


#3. Jika Error Install Custom Rom Lakukan Restore
Bagi anda yang sudah mengalami error dalam menginstal custom rom, maka dianjurkan untuk merestore atau mengembalikan smartphone dalam keadaan semula, caranya cukup mudah yaitu dengan lakukan hal dibawah ini.

Langkah Langkah Install Custom ROM Di Android 

Biasanya untuk install custom rom android menggunakan CWM Recovery, dan berikut adalah langkah langkah menggunakan CWM Recovery.
  1. Pada saat Handheld dalam keadaan mati, maka masuk ke recovery mode (sudah terpasang CWM, jangan recovert bawaan. Dalam masuk menu CWM setiap hp android berbeda beda, ada yang menggunakan tombol atas bawan dan tekan power, ada yang menekan tombol back terus, ada yang hanya sentuh layar.
  2. Lalu anda masuk ke menu recovery mode dan pilih wipa data / factory reset.
  3. Selanjutnya klik wipe cache partition.
  4. Kemudian anda tinggal pilih advance kemudian wipe dalvik cache
  5. Setelah melakukan cara diatas maka selanjutnya kembali ke menu kembali dengan menekan tombol back, setelah itu pilih install zip from sd card.
  6. Anda tinggal mencar file custom rom yang sudah anda miliki sebelunya dan sudah tersimpan di Micro SD. Lalu pilih dan tunggu hingga proses penginstallan Custom ROM berhasil.
  7. Silahkan reboot perangkat android sobat jika sudah selesai, maka OS android sudah berganti dengan tampilan baru yang lebih menarik dan keren.
Sekian pembahasan Cara Install Custom ROM / Firmware Di Semua Android. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Baca Juga :

Jangan Lupa Like Fans Page Facebokk @TipsTrikHot 

Dan Follow Juga Blog Putra Pak Asep

TERIMA KASIH

Labels: ,